Beranda | Artikel
Kesendirian Allah dalam kekuasaanNya
Senin, 8 Agustus 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Kesendirian Allah dalam kekuasaanNya adalah ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Fathul Majid Syarh Kitab At-Tauhid. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. pada Rabu, 5 Muharram 1444 H / 3 Agustus 2022 M.

Kajian Tentang Kesendirian Allah dalam kekuasaanNya

Allah Subhanahu wa Ta’ala memuji kesendirianNya di dalam kekuasaanNya di dalam ayat-ayat yang banyak dari Al-Qur’an kitabNya yang mulia.

Maksudnya adalah kalau kita baca Al-Qur’an maka kita akan dapati Allah Subhanahu wa Ta’ala memuji diriNya bahwa hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala satu-satunya yang berkuasa. Seperti dalam surah Fathir ayat 3:

هَلْ مِنْ خَالِقٍ غَيْرُ اللَّهِ

“Apakah ada pencipta selain Allah Subhanahu wa Ta’ala?” (QS. Fathir[35]: 3)

Juga firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

… وَالَّذِينَ تَدْعُونَ مِن دُونِهِ مَا يَمْلِكُونَ مِن قِطْمِيرٍ ‎﴿١٣﴾‏ إِن تَدْعُوهُمْ لَا يَسْمَعُوا دُعَاءَكُمْ وَلَوْ سَمِعُوا مَا اسْتَجَابُوا لَكُمْ ۖ وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ يَكْفُرُونَ بِشِرْكِكُمْ ۚ وَلَا يُنَبِّئُكَ مِثْلُ خَبِيرٍ ‎﴿١٤﴾

“Dan orang-orang yang kalian berdoa kepada selain Allah tidak mempunyai apa-apa walau setipis kulit ari. Jika kalian berdoa kepada mereka, mereka tidak mendengar doa kalian. Dan kalau mereka mendengar mereka tidak dapat memperkenankan permintaan kalian. Dan dihari kiamat mereka akan mengingkari kesyirikan kalian dan tidak ada yang dapat memberikan keterangan kepada kalian sebagai yang diberikan oleh Yang Maha Mengetahui.” (QS. Fathir[35]: 13-14)

Dalil ini dibawakan oleh penulis bahwa tidak ada yang mengatur/pencipta/berkuasa kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan ini adalah bantahan kepada yang berkeyakinan bahwa wali-wali Allah mempunyai kekuasaan di dalam kehidupan dan juga setelah kematian mereka dapat mengatur alam semesta.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari kita download dan simak mp3 kajiannya.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51997-kesendirian-allah-dalam-kekuasaannya/